Selasa, 10 April 2012

High Heels,si Cantik Pengikis Tulang

MESKIPUN tidak secara langsung, gaya hidup wanita masa kini, seperti pemakaian sepatu hak tinggi (high heels) dan diet superketat dapat memicu osteoporosis atau keropos tulang. Penyakit yang kini mengancam gadis-gadis muda.






Beauty is Pain. Pepatah tersebut sepertinya tertancap penuh di benak wanita modern saat ini. Demi penampilan dan pesona diri, mereka rela merasakan sakit, tidak nyaman, dan tersiksa, misalnya sering mengenakan high heels. Harus diakui, wanita yang memakai sepatu hak tinggi terlihat cantik dan seksi dengan tungkai kaki yang tampak lebih panjang dan jenjang.

Namun perlu disadari, banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan, terutama masalah kesehatan. Awalnya memang sepele, tetapi jika gangguan ini terjadi berlarut-larut tentu akan berbahaya. Jika sudah begitu, high heelsbukan lagi menjadi sahabat terbaik wanita, justru berbalik arah menjadi musuh bebuyutan.
 
Sementara saat mengenakan sepatu hak tinggi, ada bagian kaki di sekitar mata kaki (metatarsal head) yang akan mempunyai tugas paling berat, yaitu menumpu seluruh bobot tubuh dalam satu titik. Jika tak terbiasa atau lalai menggunakan sepatu jenis ini, para wanita bisa mengalami cidera atau keseleo yang dapat mengakibatkan osteoartritis atau pengapuran sendi.

Osteoartritis disebabkan oleh stres pada tulang rawan. Sendi mengalami cidera karena kurang mendapat pelumasan. Gejala ini ditandai dengan rasa nyeri di bagian persendian pergelangan kaki.

Studi yang dilakukan America Academy of Orthopedic Surgeon membuktikan, wanita yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi, terutama yang tingginya di atas 5 cm, banyak yang mengalami radang sendi di sekitar lutut, paha, tulang panggul, bahkan ada yang sampai ke tulang belakang. Sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki yang permanen.ia merasa kesakitan saat mengenakan sepatu berhak tinggi tersebut.

So.... bagi para wanita,berpenampilan menarik memang perlu sich,..tapiiiiiii pertimbangkan dulu apa akibatnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar